26 September 2013

Penentu Kualitas Bordir

             
Buku Panduan wilcom
Secara garis besar kualitas dan keindahan suatu hasil karya bordir ditentukan oleh beberapa faktor diantaranya :

1   Peralatan
Alat yang digunakan untuk membuat bordir /membordir adalah mesin jahit bordir dan mesin bordir komputer . Alat ini merupakan salah satu pendukun untuk menghasilkan karya seni bordir yang cantik, indah dan berkualitas.
mesin jahit bordir
  • Mesin jahit bordir harus dalam keadaan baik, artinya dengan digunakan dengan normal dan memadai  mesin tak harus bermerk terkenal . jenis pekerjaan ini masih digolongkan manual walau menggunakan alat bantu mesin jahit bordir. Jenis pekerjaan ini masih digolongkan manual,  Walau menggunakan bantuan alat mesin jahit bordir  dan bukan mesin bordir komputer. Penempatan teknik perpaduan benang ke kain atau media yang akan dibordir masih didominasi ketrampilan pekerjanya.
  • Mesin bordir komputer menggunakan bantuan alat mesin jahit bordir dan bordir komputer pekerja (operator) hanya digunakan sebagai pengendali saja.
 2 Sumberdaya Profesional
Karena seni bordir ini harus selalu asli dan terus aktual , otentik, inovatif, dan selalu disesuaikan dengan kemajuan dunia mode (agar tak terkesan itu-itu aja) sudah tentu diperlukan desainer khusus bordir (Pencipta-pencipta motif-motif) dan pembordirnya (tukang bordirnya) Yang profesional, kreatif, dan inovatif. Perpaduan kerja keduanya  (pembordir dengan desainer bordir atau pembuat motif) , akan menghasilkan karya bordir yang berkualitas dan bernilai tinggi.
Sekarang ini masih banyak pengusaha bordir yang memaksakan tukang bordirnya (operator/pembordir) bekerja secara merangkap sebagai desainer bordir, bahkan juga ada yang sebaliknya. Dengan cara ini juga dapat menghasilkan karya seni bordir , tetapi hasilnya kurang maksimal , tidak ideal dan juga tak efesien. Tukang bordir jarang menguasai ilmu desain secara menyeluruh dan mendalam. begitu juga desainer bordir yang merangkap sebagai tukang bordir akan terganggu daya imajinasinya serta waktunya bila mengerjakan yang lain. terlebih bila yang dikarang butuh kualitas, kreativitas (nilai seni tinggi) dan kuantitas. Tentu besar kecil gangguan itu akan berpengaruh kurang baik bagi karya yang dihasilkan.!
3 Teknik Pengerjaan Yang Profesional
 Peralatan yang baik dan tenaga yang profesional akan menghasilkan proses kerja yang baik dan hasil yang memenuhi standar kualitas mutu  
  • Hasil yang diperoleh sesuai dan penuangan teknik bordir
  • Desain bordir orisinil , kreatif, inovatif 
  • Desain secara global serasi, dinamis, memiliki nilai artistik dalam perpaduan benang
  •  Waktu lebih efesien dan menghasilkan relatif cepat dan tepat.
Itulah sepintas hal yang sederhana dalam membuat suatu usaha bordir namun sangat mempengaruhi hasil / outputnya.



Kami  Menerima Pendidikan / Kursus secara privat yaitu pengajar datang langsung ketempat peserta belajar teknik bordir / teknik desain bordir komputer atau disebut kursus punching wilcom hubungi kami di 


Hp .0852 8678 5299 ( telkomsel ) dan 0878 7564 8038  ( XL )

terima kasih telah berkunjung di blog sederhana kami

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mesin bordir komputer 2 kepala 12 jarum area 40x50cm di cirebon jawa barat CNY1202 400*500

 Mesin bordir komputer 2 kepala 12 jarum area 40x50cm di cirebon jawa barat CNY1202 400*500 Ini adalah rangkaian mulai dari buka peti rangka...