Abkara Tasykurun

4 April 2017

Tugu Toleransi di Bukit Kasih Kanonang Minahasa Sulawesi Utara On Manado Part 2

          Selamat siang semua dan salam sukses selalu ya . 
Di web yang unyu unyu ini dan bikin gemes siapa pun yang lihat , kali ini admin mau pamer ha ha h ahh atau lebih pasnya posting jalan jalan di sekitaran manado sulawesi utara Part 2.

Sudah menjadi hal yang biasa di manado pada hari minggu hampir semua aktifitas pertokoan tutup, dan saya bingung mau kemana sementara peserta pelatihan dan keluarga seharian bakal ibadah.
saya coba browsing tempat wisata yang bagus untuk dikunjungi di sulawesi utara.
Dari berbagai refrensi dari Bunaken,Danau Tondano,danau lino,telaga warna,bukit kasih

Saya tertarik dengan Wisata ke tugu toleransi di bukit kasih Kanonang.

disini saya bingung harus mulai darimana dan masa pergi tanpa teman ...... mikir sejenak putar putar hp inget karyawati salah satunya ada yang dari jawa , saya coba hubungi belum bisa , saya kirim whatapps belum ada jawaban ......menunggu satu menit satu jam 2jam Gubraaaaak HP saya yang baru saja imlekan bunyi.
iya mas bisa temani tunggu ya saya pulang ibadah jam 1an itu jawaban di chat.

saya udah tidak doyan makan selama menunggu ketemu sang karyawati mungkin efek kekenyangan semalam dan tadi pagi.
pukul 13 waktu setempat dapat chat , mas saya tunggu di terminal Pal2
Bertemulah saya dengan seorang gadis putih yang murah senyum di dekat patung kuda. 

berdua berjalan beriringan dari patung kuda ke terminal Pal 2 untuk menuju terminal Karombasan kalau tak salah , kami masuk angkot saya duduk di bangku belakang supir dan sang gadis di bangku juga bukan di pangku.

Sampailah terminal Karombasan dengan tarif 4000/orang dari pal 2.
Diterminal ini menunggu mobil kearah kawangkoan sekitar 40menit dapat mobil peninggalan zaman kolonial mungkin , kali ini kami berdua duduk di sebelah supir agar melihat pemandangan yang dilewati , sesekali kami saling pandang dan ngobrol kecil dan penuh ceria antara aku dan dia........

Sampailah kami di terminal kawangkoan kami turun dan bayar tarif 15000/orang
Dari kawangkoan kami naik ojek dengan tarif 20.000/orang menuju bukit kasih
Sampailah di Bukit kasih

"Sedikit ulasan yang saya ambil dari sumber celebes"

       Masyarakat Sulawesi pada umumnya, dan masyarakat Minahasa pada khususnya mempraktekkan sebuah semboyan dalam kehidupan kesehariannya. Semboyan itu berbunyi “Torang Samua Ba’saudara”, yang artinya “Kita semua bersaudara”.  Semboyan ini juga tercermin pada satu tempat wisata yang juga sudah terkenal sampai ke mancanegara. Tempat wisata tersebut adalah sebuah bukit wisata rohani, sebuah bukit yang berada di kaki Gunung Soputan, bernama Bukit Kasih.
Bukit ini dinamai Bukit Kasih karena di bukit ini orang-orang dari berbagai agama bisa berkumpul dan berdamai. Dari semboyan yang dimiliki masyarakat Sulawesi, Bukit Kasih merupakan bukit simbol perdamaian. Selain itu juga merupakan tempat yang mengingatkan kita pada kerukunan antar umat beragama.

Di puncak Bukit Kasih ini Anda akan menemukan 5 tempat ibadah dari 5 agama yang diakui di Indonesia, yaitu Masjid (Islam), 2 Gereja (Katholik dan Kristen Protestan), Vihara (Budha), dan Pura (Hindu). Kelima tempat ibadah tersebut dihubungkan dengan akses jalan berupa anak tangga. Tempat-tempat ibadah yang dihubungkan di ketinggian tersebut, mewakili simbol bahwa penganut agama apapun bisa hidup berdampingan dalam kerukunan. Tempat ini adalah akhir dari perjalanan di kompleks wisata Bukit Kasih.

Di dekat pintu masuk kompleks wisata ini, Anda akan menemui sebuah monumen dengan tinggi sekitar 22 meter. Monumen ini dinamai Tugu Toleransi. Dinamai Tugu Toleransi karena tugu ini berbentuk segi lima, dan disetiap sisinya tedapat ukiran gambar dan simbol serta kutipan ayat Kitab Suci dari masing-masing agama. Sama halnya dengan tempat ibadah di puncak Bukit Kasih, Tugu Toleransi juga menampilkan gambar dan kutipan ayat dari kelima agama. Tugu Toleransi merupakan monumen pengingat akan kehidupan yang saling bertoleransi antar umat beragama.
Area wisata Bukit Kasih berada di wilayah sumber belerang, sehingga ketika beralan-jalan Anda akan menemui beberapa kawah yang akan Anda lintasi. Akan tetapi, pemAndangan di sekitar bukit ini sangat asri dan hijau. Anda bisa menyaksikan beberapa bukit nan hijau yang mengitari tempat wisata ini.

Jalur anak tangga yang menuju ke puncak Bukit Kasih terlihat seperti ‘Tembok Cina Kecil’, bila Anda melihatnya dari atas. Di beberapa titik, jalur anak tangga ini melewati tengah kawah belerang, sehingga Anda bisa menyaksikan Kolam belerang yang ada di samping kanan-kiri Anda. Sebagai informasi, rute anak tangga menuju puncak ini cukup panjang dan melelahkan
saya sampai ngos ngos an menanjaki tiap anak tangga ini.

Lokasi
Akses
Harga Tiket
Fasilitas dan Akomodasi
Tempat wisata rohani Bukit Kasih terletak di Desa Kanonangan, Kecamatan Kawangkoan, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Berada di sekitar 55 Km sebelah selatan Kota Manado
Dari Kota Manado, Bukit Kasih bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan darat atau angkutan umum, dengan perjalanan sekitar 1 jam.
Untuk bisa mengunjungi tempat wisata ini, Anda akan dikenakan biaya masik sekitar Rp. 5.000. Bagi Anda yang memakai kendaraan pribadi, ada biaya tambahan berupa biaya parkir sebesar Rp. 5.000 – Rp. 10.000.
Tempat wisata Bukit Kasih memiliki beberapa akomodasi dan fasilitas, seperti warung-warung yang menyediakan makanan ringan, dan beberapa kolam alami air panas. Untuk Anda yang ingin bermalam di hotel dekat Bukit Kasih, Anda bisa bermalam di hotel yang ada. 

       Karena saya sampai tadi sudah terlalu Sore yaitu pukul 16.15 maka di segerakan cari tempat buat buang air ha ha ha ha dan
Dilanjutkan foto foto buat bukti otentik perjalanan saya di bukit kasih.
Setelah berfoto ria dari berbagai sudut yang bisa di ambil , kami lanjutkan naik ke atas bukit , perjalanan inilah yang bikin nafasku tersengal sengal , 
curamnya anak tangga dan bau belerang yang menyengat .
pukul 17.15 kami sampai diatas dan hanya kami berdua , disinilah saya coba berupaya tetap kuat walau tanda lemah sudah ada pada batrai hpku tetap mencoba cekrek cekrek .

  Pukul 18.05 kami turun malah tidak kalah seram karena hari sudah mulai gelap dan kabut juga turun atau keluar dari kawahnya dilingkari anak tangga yang kami lalui.

Sampai dibawah sudah sepi cuma ada beberapa mobil dan ojek tidak ada.

Sang gadis yang ternyata bernama vero menawarkan supaya telp tukang ojek yang antar tadi waktu berangkat , tapi saya cegah karena saat berangkat tukang ojek yang saya naikin bau minuman keras.
saya menyarankan ke vero cari tumpangan angkutan mobil yang mau turun kalau kita niat baik pasti baik. 
walau lahir di jawa dia biasa bahasa orang manado ,
ada sebuah mobil dengan penumpang lebih dari 5 ibu ,remaja,dan anak anak di bak terbuka mungkin wisata keluarga.
Terjadi obrolan kecil dan terdengar menanyakan darimana kami , dijawab dari jawa.
kami berdua di perkenankan naik ke bak mobil dan mobil meluncur ke arah bawah. 
kami pun diajak ngobrol kecil 
ternyata kuasa tuhan yang mengatur segalanya mereka bercerita sering banget dengar ditemukan mayat korban begal di jalur ini , bulu kuduk saya merinding . dan memang jalur yang dilewatin lebih mirip hutan belantara walau hanya sekitar 1kman
sebetulnya tujuan mobil tidak searah tapi rombongan keluarga sangat baik itu mengantar kami berdua ke terminal kawangkoan.
kami ucapkan terima kasih dan doakan semoga tuhan membalas kebaikan ini dengan kebaikan yang lebih besar lagi Amiin

Nasib baik masih bagus diterminal Kawangkoan yang biasanya jam 19.00 sudah tidak ada mobil itu masih ada , jadi kami naik mobil kembali ke manado dengan tarif sedikit mahal 20.000/orang selisih 5000 dengan berangkat , mungkin karena mobil ini bagusan dan agak kecil.

sampai terminal karombasan kami menuju ke ke Pal 5 atau pusat kota untuk cari makan malam . makan malam dan cerita cerita di Mie Aceh yang dimakan Nasi.
           Sambil saling mensyukuri akan segala karunia tuhan dan saling berterima kasih, dari sini kami berpisah balik ke habitat masing masing.

Saran buat Traveling yang hendak ke bukit kasih


  • Bawa duit itu pasti disana banyak makanan dan souvenir
  • jangan keluar dari bukit terlalu sore bila bawa kendaraan sendiri rawan begal
  • bila yang perjalanan dari manado usahakan minum obat karena jalan naik turun dan berliku jadi bikin mual bukan kepalang.
  • disini bisa dibilang tempat suci yang pikiranya mesum jangan dach bisa dikutuk jadi burung.
  • Hati hati dan waspada " indra waspada negara raharja"
Terima kasih telah mengunjungi website sederhana kami , mohon maaf bila ada kata kata yang tidak sopan atau sulit di mengerti , maklum yang bikin orang tehnik bukan ahli pidato.


Terima kasih kepada costumer yang telah mempercayakan barang dan jasa kami hingga saya bisa datang ke bukit kasih minahasa sulawesi utara .

Untuk pemesanan barang dan jasa Hubungi kami
HP/WA/Line : 0852-8678-5299
HP/ TLP       : 0878-7564-8038

Salam sukses selalu dari kami 
www.alinzakiyah.com

BY. JUMADI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar